Antrean Online Mobile JKN Jamin Cepat Waktu Pelayanan
Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Salah satu wujudnya adalah dengan membuka akses pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara melalui antrian online di fasilitas kesehatan atau (faskes).
Menggunakan antrean online, Rosdiana 38 thn, warga Rabangodu Utara dapat merasakan langsung manfaat akan kepastian waktu dalam mendapatkan pelayanan.
Menggunakan akses pendaftaran antrean secara online telah memberikan kemudahan karena dirinya dapat langsung mengambil antrean melalui Aplikasi Mobile JKN.
Selain itu, Rosdiana juga mengapresiasi pelayanan kesehatan di faskes yang kini telah menjadi lebih cepat. Dirinya mengaku cukup mendatangi faskes lebih kurang satu jam sebelum jadwal kunjungan yang telah dipilihnya.
“Saya mengambil antrean melalui Aplikasi Mobile JKN, dan dari aplikasi tersebut sudah saya ketahui saya berada pada nomor antrean ke berapa. Begitu sudah mau dekat nomor antrean saya dipanggil baru saya pergi ke rumah sakit,” ujar Rosdiana, Kamis (6/62024).
“Kalau dulu kita harus datang ke rumah sakit, pagi-pagi sekali dan baru bisa dilayani nantinya siang menjelang sore. Dengan antrean online dari Aplikasi Mobile JKN jadi bisa lebih mudah dan cepat,” ungkapnya.
Setelah proses pengambilan nomor antrean di Aplikasi Mobile JKN, Rosdiana menjelaskan kembali bahwa tahapan selanjutnya yang telah ia jalani dalam penerapan antrean online. Saat di rumah sakit, dirinya langsung melakukan proses check in dengan melakukan scan barcode yang sudah tertempel di beberapa dinding di area mau masuk ke ruang tunggu poli rumah sakit.
“Tidak lama melakukan proses check in berselang kurang dari 60 menit, saya mendapatkan pelayanan pada poli saya tuju. Jadi kalau kita ke poli rumah sakit dengan jalur antrian online Aplikasi Mobile JKN, aksesnya lebih mudah, ada dua tahapan yang disingkat,” tutur Risdiana.
“Tidak perlu lagi menunggu antrian loket pendaftaran dan juga antrian untuk ambil Surat Eligibilitas Peserta (SEP), dipersingkat dengan langsung menunggu dipanggil di ruangan poli saja bahkan saya bisa dipanggil lebih dahulu dari orang yang sudah mengantri sebelumnya,” lanjutnya.
Saat ini, Rosdiana menjalani kontrol rutin terhadap penyakit Asam Lambung, Dirinya mengaku sangat bersyukur karena merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN.
Sekarang saya dapat melindungi dirinya dan keluarga terhadap penyakit yang diidapnya ataupun risiko penyakit lainnya di masa yang akan datang.
“Saya sudah beberapa kali menggunakan Program JKN, saya mengetahui ada permasalahan di Asam Lambung saya ketika mendapatkan pemeriksaan di rumah sakit saat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan Program JKN,” ujar Rosdiana.
Sebagai Ibu Rumah Tangga Rosdiana dituntut untuk dapat melayani keluarga disetiap waktu, ketika harus rutin melakukan pemeriksaan ke faskes, fitur antrean online dari Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu bagi dirinya.
“Kalau pas antre dari pagi sampai siang sudah pasti aktifitas saya sebagai IRT semua nya terbengkelai, ujarnya.
“Dengan antrean online, saya sudah bisa menghemat waktu dan juga bisa prediksi rentang waktunya.
Menurut Rosdiana Aplikasi Mobile JKN merupakan salah satu inovasi yang memberikan banyak manfaat bagi Peserta JKN. Digitalisasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN diharapkan dapat terus menyesuaikan dengan kondisi jaman.
Rosdiana juga berharap agar waktu antrean layanan nantinya bisa lebih dipercepat.
“Untuk ubah faskes, ubah data, bahkan sekarang juga sudah bisa chat dengan dokter dari faskes, manfaatnya sangat bagus sekali. Tidak perlu ribet harus ke kantor BPJS Kesehatan ataupun ke FKTP jika hanya untuk sekedar ingin konsultasi dengan dokter,” tutupnya.
Editor: Azzahra