Begitu Mudahnya Layanan Melalui Aplikasi Mobile JKN
Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) lewat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Salah satu wujudnya adalah dengan membuka akses pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara melalui antrian online di fasilitas kesehatan.
Hanya dengan melakukan antrean secara online, Irwan Hidayat dia sudah dapat merasakan langsung manfaat dan kepastian waktu dalam mendapatkan pelayanan secara online.
Irawan Hidayat adalah peserta Program JKN dari segmen Mandiri, ia menuturkan pengalamannya saat mengakses layanan Kesehatan. Dengan akses pendaftaran antrean secara online telah memberikan kemudahan karena dirinya dapat langsung mengambil antrean melalui Aplikasi Mobile JKN.
Lanjut Irwan Hidayat juga mengapresiasi pelayanan kesehatan di faskes yang kini telah menjadi lebih cepat. Dirinya mengaku cukup mendatangi faskes lebih kurang satu jam sebelum jadwal kunjungan yang dipilih.
“Dengan cara mengambil antrean melalui Aplikasi Mobile JKN, dan dari aplikasi tersebut sudah saya ketahui saya berada pada nomor antrean ke berapa, begitu sudah mau dekat nomor antrean saya dipanggil baru saya pergi ke rumah sakit,” jelas irwan, kamis (19/9/2024).
Sebelumnya untuk mengakses layanan kesehtan, kita harus datang ke rumah sakit, pagi-pagi sekali dan baru bisa dilayani nantinya menjelang siang, namun dengan antrean online dari Aplikasi Mobile JKN jadi bisa lebih mudah dan cepat serta tentu tidak menunggu lama untuk memperolah layanan kesehatan.
Setelah proses pengambilan nomor antrean di Aplikasi Mobile JKN, Irwan menjelaskan kembali bahwa tahapan selanjutnya yang telah ia jalani dalam penerapan antrean online, Saat di rumah sakit, dirinya langsung melakukan proses check in dengan melakukan scan barcode yang sudah tertempel di beberapa dinding di area mau masuk ke ruang tunggu poli rumah sakit.
“Hanya dengan melakukan proses check in dan berselang kurang dari 60 menit, saya mendapatkan pelayanan pada poli yang dituju. Jadi kalau kita ke poli rumah sakit dengan jalur antrian online Aplikasi Mobile JKN, aksesnya lebih mudah, ada dua tahapan yang disingkat,” jelas Irwan.
”Sekarang saya tidak perlu lagi menunggu antrian loket pendaftaran untuk Antrian, dipersingkat dengan langsung menunggu dipanggil di ruangan poli saja bahkan saya bisa dipanggil lebih dahulu dari orang yang sudah mengantri sebelumnya,” lanjutnya.
Sebagai pekerja lepas Irwan dituntut untuk dapat disiplin terhadap waktu. Jadi, ketika harus rutin melakukan pemeriksaan ke faskes, fitur antrean online dari Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu bagi dirinya.
“Kalau saya sudah antre dari pagi sampai siang, pasti saya tidak telat masuk kerja adanya antrean online, saya bisa minta izin dengan waktu yang sudah dapat diprediksi rentang waktunya,” imbuhnya.
Aplikasi Mobile JKN merupakan sebuah inovasi yang memberikan banyak manfaat bagi Peserta JKN. Digitalisasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN.
Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi mobile JKN cukup banyak dan sangat membantu bagi peserta JKN. Terutama kalangan anak-anak muda yang kini lebih banyak mengakses aplikasi, sehingga apabila butuh layanan seputar JKN, tinggal klik dan sudah memperoleh informasi layanan program JKN.
Sekarang merubah faskes, ubah data, bahkan sekarang juga sudah bisa chat dengan dokter dari faskes, manfaatnya sangat bagus sekali. Tidak perlu ribet harus ke kantor BPJS Kesehatan ataupun ke FKTP jika hanya untuk sekedar ingin konsultasi dengan dokter,” tutup irwan.
Editor: Azzahra