DPC AKJII Bima Terbentuk, Ketua DPP Hadir Pada Pelantikan

Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Muncul satu lagi Organisasi Profesi wartawan terbentuk di Bima yaitu Aliansi Kajian Jurnalis Independen Indonesia (AKJII) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Bima meliputi Kota dan Kabupaten Bima.

Berdirinya AKJII Cabang Bima di Propinsi NTB ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AKJII yang beralamat di Komplek Paspampres Blok H38, Jalan Nuri, Gang Parkit, No 2 Kramat Jati, Jakarta Timur, dengan SK Nomor 098/SK/KII-JB-52/ZS/C/DPP-AKJII/I/2024. Tentang pengangkatan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Kajian Jurnalis Independen Indonesia (DPC-AKJII) Kota Bima/Kabupaten Bima Masa Bakti 2024-2029.

SK DPC -AKJII Bima ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Ir. Nadianto, Mmg, Ketua Harian Yudi Hendria dan Sekretaris Jendral Ni Dewi Atika dan diterbitkan serta ditandatangani tertanggal 3 Januari 2024. Dan bernomor : 098/SK/KII – JB – 52/ZS/C/DPP-AKJII/I/2024. Dan disampaikan kepada masing masing bersangkutan seluruh pengurus dan anggota.

Juga tembusan di sampaikan kepada, Walikota/Bupati Bima, Ketua DPRD Kab/Kota Bima, Kapolres Bima Kota/Kabupaten, Dandim 1608 Bima, Kejari, Ketua Pengadilan, Kepala Kesbangpol Kab/Kota Bima dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Dalam SK tersebut tertera sebagai ketua DPC AKJII Bima yakni, Nasarudin/Bang Nas (Media Reportase Bima) Wakil Ketua Eldan, S. Sos, (Wartabumigora), Wakil Ketua, Syaifullah, Sekretaris Anwar, Ama. Pd ( Bima Bangkit), Wakil Sekretaris, Jen Umar Dani (Bhayangkara Post), Bendahara Khairul, S. Sos.(Tupa News) dan Usman Wakil Bendahara dan Seterusnya mengakomodir beberapa Wartawan Senior yang juga Pimpinan Media daerah Kota dan Kabupaten Bima selaku Koordinator Bidang dan anggota.

Diantaranya, Bidang Humas, Media, Informasi, Publikasi dan IT EO, Ketua Agus Kurniawan, Ketua Bidang OKK, Suherman, S. Sos, Bidang Ekonomi Koperasi, Wahyudin, SHI, Bidang Hukum HAM, Jufriady, dan Bidang Seni Budaya Muhktar serta sejumlah masing masing anggota bidang.

Pada Rabu siang 3 Januari 2024 di Historica Bar Taman Ria Pada saat Rakor Persiapan Pelantikan Pengurus dan Anggota AKJII Bima di Taman Ria Kota Bima, Ketua DPC AKJII Cabang Bima Nasaruddin, S.Sos menyatakan, bahwa Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Kajian Jurnalis Independen Indoneaia (DPC-AKJII) Bima sudah resmi terbentuk sejak tanggal tadi pagi 3 Januari 2024.

Terbentuknya DPC-AKJII Cabang Bima menurut Bung Nas ini, untuk menaungi para wartawan yang belum terakomodir di organisasi pers lainnya, dan siap membuka ruang khususnya yang belum tergabung dalam organisasi pers. “saya mengajak rekan-rekan Pers, mari kita bersama-sama berjuang dibawah bendera AKJII, untuk mempercepat tercapainya kemajuan daerah kita, terutama terwujudnya kesejahteraan masyarakat, tidak lepas dari independen kita sesuai dengan tugas kita yang diamanatkan UU Pers sebagai wartawan yang Profesional, berdedikasih tinggi dan selalu menjaga etika dan kode etik jurnalis.” Papar Aba Nas.

“Sebagai jurnalis pemburu Informasi untuk memenuhi hak publik, tentu kita harus selalu berpedoman pada Undang-undang No.40 tahun 1999 tentang Pers dan mematuhi Kode Etik Jurnalistik dari Dewan Pers. Sesuai pasal 7 ayat 1, bahwa setiap wartawan berhak memilih organisasi pers yang diinginkannya. Maka sesuai amanah UU memilih AKJII sebagai wadah organisasi itu sudah sangat tepat. Tinggal sekarang membangun kemitraan baik kita pada Pemda setempat, tidak harus kita lupa akan marwah kita selaku pers media kontrol sosial masyarakat, dan itu harapan publik.” ujarnya.

Rapat persiapan pelantikan pengurus AKJII Bima, disepakati Muhtar (Media Pelopor) sebagai Ketua panitia dan Eldan sekretarisnya. Serta bendahara Khairul S. Sos yang juga bendahara umum AKJII Bima. Rencana Pelantikan sendiri akan digelar sebelum Pemilu pada bulan Februari 2024 mendatang, dan rencana bertempat gedung Convension Hall (Paruga Nae), dan juga di Gedung Seni Budaya Kota Bima akan dihadiri langsung oleh Ketua dan Sekjen DPP AKJII Pusat

Menutup Rakor. Bang Nas menegaskan pada Pengurus dan anggota AKJII Bima,” Mari kita melangkah menuju kesuksesan dan bisa memberi wawasan serta membantu masyarakat, terutama bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Provinsi atau pemerintah pusat, dengan kinerja yang baik solid dan taat aturan manajemen yang sudah ditetapkan ARD,ART AKJII, agar Organisasi Pers AKJII ini bisa berdiri tegak lurus dengan tangkas ditengah masyarakat serta dapat diapresiasi oleh publik keberadaanya.

Jurnalis: Jen Umar
Editor    : Azzahra