Hadirnya Mal Pelayanan Publik, Warga Kota Bima Kini Lebih Mudah Mengakses Layanan JKN
Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Mal Pelayanan Publik Kota Bima NTB resmi di Launching dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 tentang Mal Pelayanan Publik (MPP) yang mengintegrasikan seluruh pelayanan publik secara terpadu pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamaman, dan keamanan pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kota Bima mulai saat ini sudah memberlakukan Mal Payananan Publik Terintegrasi untuk memberikan layanan lebih mudah bagi seluruh warga, (19/6/2024).
Launching MPP, diresmikan langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H.Mukhtar Landa, MH, dalam kesempatan itu Sekda menyamaikan, dengan adanya Mal Pelayanan Publik yang terintegrasi ini sebagai bagian dari mempermudah akses layanan publik bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang ingin memperoleh ijin usaha dan investasi secara cepat dan mudah sampai pada layanan dasar untuk Kesehatan.
“Masyarakat tidak perlu lagi melakukan mobilisasi yang melelahkan dan menghabiskan waktu serta biaya, kini dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik di Kota Bima, maka berbagai pelayanan bagi seluruh Masyarakat dapat diperoleh dengan sangat mudah dan lebih cepat”, terangnya.
Lebih lanjut Sekda mengatakan, kehadiran MPP sebagai Upaya untuk mendorong tata Kelola pemerintahan menuju kearah yang lebih baik dan praktis, sehingga dapat meningkatkan kepuasan layanan bagi Masyarakat dan menjadi daya saing untuk mendorong pertumbukan ekonomi daerah. Mal Pelayanan Publik ini nantinya bertujuan untuk mengintegrasikan pelayanan berbagai instansi terkait baik daerah maupun vertical sebagai upaya meningkatkan akses kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan bagi warga.
“Kedepan, MPP ini setelah di launching agar betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan kemudahan akses bagi warga maupun bagi pengusaha dengan fasilitas yang tersedia didalamnya sehingga berdampak positif bagi kemajuan pembangunan daerah.
Turut hadir pada Launching Mal Pelayanan Publik Dandim 1608, Kapolres Bima Kota, Kepala OPD, Camat, Lurah se-Kota Bima, Instansi Vertikal dan perwakilan pimpinan seluruh BUMN dan BUMD yang ada di Kota Bima.
Di tempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima,Tati Haryati Denawati, mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran MPP di Kota Bima, dengan hadirnya MPP ini, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat secara cepat, mudah dan dapat dijangkau lebih dekat oleh warga, selain layanan yang lebih cepat, BPJS Kesehatan menyediakan loket yang nyaman dan aman dalam melayani pemberian informasi serta administrasi kepesertaan Program JKN.
“BPJS Kesehatan senantiasa terus dan komit memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Semoga dengan keberadaan BPJS Kesehatan di MPP Kota Bima dapat menjadi solusi bagi warga untuk mengakses layanan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Masyarakat tak perlu khawatir lagi karena pelayanan yang diberikan sama dengan pelayanan yang akan diperoleh di kantor Cabang.
“Bentuk pelayanan yang akan disuguhkan di MPP nanti diantaranya perubahan data, penyampaian informasi termasuk pengaduan peserta dan masih banyak lagi informasi seputar JKN yang dapat diperoleh. Kehadiran BPJS Kesehatan di MPP ini menjadi salah satu bentuk dukungan dan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Bima dalam membangun sistem pelayanan publik yang lebih komprehensif.
Perpaduan berbagai pelayanan publik dalam satu gedung dengan segala kemudahan dan kenyamanan, tentu akan melengkapi apa yang menjadi kebutuhan serta mampu menciptakan pelayanan yang praktis bagi masyarakat” tutupnya.
Editor: Azzahra