Ketua Umum DPP AKJII Akan Lantik 30 Pengurus AKJII DPC Bima

Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Kurang lebih sebanyak 30 orang Pengurus Aliansi Kajian Jurnalis Independen Indonesia (AKJII) DPC Bima akan dilantik secara resmi oleh Ketua Umum DPP AKJII Pusat, Ir. Nadyanto, M. Mgg.

30 orang jurnalis tergabung kedalam Pengurus AKJII DPC BIMA tersebut di ketahui dari sejumlah media, ada 24 Media, diantaranya, Reportasebima.com. warta bumigora, Bima Bangkit, Tupa news, Penanews, Bhayangkara Post, Pelopor, Cakrawala, Dinamika, Kontras, Suara Bima, Buser Bima, Madambojo, Lawatanews, Londapost, Bimakita, Bela negara, Oborbima, Bima Kota, Metro NTB, Dinamikambojo.com, DMC FM Radio dan lainnya.

Rencana Pelantikan dan pengukuhan tersebut akan di laksanakan pada, 5 Februari 2024, bertempat di Gedung Convetion Hall (Paruga Nae red) Kota Bima.

Dipastikan akan mengundang Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, PJ. Walikota Bima, Ketua DPRD Kota/Kabupaten Bima, Dandim, Kapolres Bima Kota/Kabupaten, Kejari Bima, Ketua DPRD Kota/,Kabupaten Bima, Camat dan Lurah Kota Bima, beberapa Camat/Kades Kabupaten Bima, sejumlah Kepala OPD Kota/Kabupaten Bima, Para Kepsek SE Kota Bima, Ketua Bawaslu dan KPU Kota/Kabupaten Bima.

Undangan juga akan disampaikan kepada Ketua LSM, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Mahasiswa, Advokad, Para Ketua OSIS SISWA, HMI, PMII, Pemuda Anshor, KNPI dan Lainnya.

Tidak ketinggalan juga dengan Organisasi sesama Wartawan, seperti PWI, MIO, AJI, SPI dan IJTI. Para Pimpinan Media dan wartawan Kabupaten Kota Bima.

Ketua AKJII DPC Bima, Bang Nas. Dimintai tanggapan seputar rencana Pelantikan Aliansi Kajian Jurnalis Independen Indonesia, AKJII DPC Bima, Periode 2024 – 2029 mengungkapkan, bahwa tingkat kesiapan dari rencana acara tersebut, sudah 75 persen, tinggal beberapa item saja yang akan di penuhi. ” Alhamdullilah tibgkat kesiapannya sudah 75 persenin, tinggal selangkah lagi akan di penuhi semua”. Ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

Dari tingkat kesiapan disebutkan, bahwa gedung, kursi, meja, alat transportasi penjemputan DPP, hotel penginapan tamu, konsumsi, Paskib, sound dan lainnya sudah di komunikasikan, bahkan sebagian besar sudah di finalkan.” Insyah Allah semua akan dibereskan dalam waktu seminggu kedepan”. Cetusnya.

Ini semua kata Bang Nas yang juga mantan Ketua IPJI Bima dua periode ini, berkata dari adanya kerjasama seluruh pengurus AKJII DPC Bima yang saling mendukung, menyupport dan menguatkan. Termasuk dukungan dari Ketua dan Sekjen DPP yang siap hadir di Bima, kendati biaya dibebankan kepada pengurus AKJII DPC Bima.

Diakui olehnya, bahwa dalam pelaksanaan rencana pelantikan pengurus memang tidak mudah, karena tidak saja waktu, tenaga dan pikiran yang terkuras. Tapi karena kepercayaan, ada kebersamaan dan persatuan serta untuk kebaikan dalam meningkatkan kapasitas di bidang kewartawanan, maka sangat penting para jurnalis yang masih belum bernaung dalam sebuah wadah organisasi pers, untuk diberikan ruang dan peluang untuk mengembangkan diri, sehingga menjadi jurnalis yang profesional, handal dan bermartabat.

Yang belum ada wadah dan tempat untuk mengembangkan diri, maka AKJII adalah satu satu wadah organisasi dari sekian organisasi pers yang ada saat ini, ujarnya.

Khairul alias Irul, Eldan, Billy Pelopor, Billy Bhayangkara, Agus, Casper, Wahyu, Anwar dan lainnya, mengaku sangat bangga serta memiliki komitmen dan konsisten untuk mengibarkan nama AKJII di Bima, sehingga bisa di kenal luas. Disamping organisasi yang ada, juga AKJII Memiliki kedudukan yang sama sebagai organisasi pers. AKJII memang baru, tapi soal legalitas sudah pasti tidak diragukan. Jadi kehadiran AKJII bukan sebagai pesaing atau ingin bersaing dengan organisasi pers lainnya. Tapi sesuai Amanat UU Pers 40 1999. Pasal 7 ayat satu, bahwa setiap wartawan memiliki hak untuk memilih satu organisasi yang diinginkan, jadi kami semua memilih AKJII sebagai wadah organisasi pers untuk bernaung.

Atas rencana pelantikan pengurus, sejumlah pengurus AKJII DPC Bima menyampaikan ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas apresiasi dan dukungan dari semua pihak, baik moril maupun materil. Terkhusus untuk PJ. Walikota dan Bupati Bima yang sudah mendukung penuh dalam kesuksesan acara dimaksud. # AKJII DPC BIMA#

Editor: Azzahra