KPK Sukses Gelar Bimtek di Kota dan Kabupaten Bima

Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemberdayaan peran serta masyarakat melalui keluarga berintegritas dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Bimtek digelar di Aula Hotel Marina Inn, Kota Bima.(28/5).

Bimtek langsung dihadiri Kepala Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Puteri, Pj. Walikota Bima, H. Muhammad Rum, Wakil Bupati Bima, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Kapolres Bima dan Kapolres Bima Kota serta para pejabat tinggi pratama dari lingkup pemerintahan Kota Bima dan Pemerintahan Kabupaten Bima beserta istri.

Dalam sambutannya, Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi menekankan pentingnya peran aktif masyarakat terutama keluarga dalam mencegah dan memberantas korupsi.

“Pencegahan korupsi tidak bisa hanya dilakukan oleh KPK atau pemerintah, tetapi juga memerlukan keterlibatan masyarakat secara luas. Melalui bimbingan teknis ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan kapasitas masyarakat dan keluarga serta pemerintah daerah dalam melawan korupsi,” ujarnya.

Bupati Bima dan Pj. Walikota Bima dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung penuh upaya KPK dalam memberantas korupsi. Mereka menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat melalui keluarga berintegritas untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan.

Selain itu, dalam bimtek ini juga dibahas berbagai strategi dan metode efektif dalam pencegahan korupsi, termasuk penerapan sistem pelaporan dan pengawasan yang lebih baik. Para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman terkait tantangan dan solusi dalam upaya pemberantasan korupsi di daerah masing-masing.

Acara bimtek ini merupakan salah satu langkah konkret KPK dalam upaya memperkuat peran serta masyarakat terutama dalam keluarga dalam pencegahan korupsi, sejalan dengan visi KPK untuk menciptakan Indonesia yang bebas dari korupsi melalui partisipasi aktif semua elemen masyarakat.

Editor: Azzahra