Lolos KEN 2024 Pesona Rimpu Mantika, Akan Kembali Diadakan

Kota Bima. NTB – Bhayangkarapost.web.id
Pasca ditetapkan lolos Karisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada tahun 2024, pemerintah Kota Bima menggelar rapat koordinasi tindaklanjut persiapan Pawai Pesona Rimpu Mantika.

Dalam rangka menyambut Festival Rimpu Mantika Tahun 2024 Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Festival Rimpu Mantika di Ruang Rapat Wali Kota Bima. Jumat (02/02/24).

Festival Rimpu Mantika akan diadakan selama 3 hari, dimulai dari hari Kamis, 25 April 2024 sampai dengan hari Sabtu, 27 April 2024. Adapun rangkaian kegiatan pada hari pertama dan kedua akan diadakan opening yang didalamnya terdapat tampilan tari tradisional, pembacaan doa, laporan ketua panitia, sambutan-sambutan, perlombaan, pengumuman pemenang lomba dan band performance.

Dilanjutkan pada hari berikutnya yaitu pada hari puncak acara akan dilakukan tarian opening dan atraksi-atraksi di start venue dan main venue, penerimaan rombongan peserta pawai, tari rimpu kolosal yang di lakukan oleh peserta didik di Kota Bima, disambung dengan sambutan dari Wakil Presiden/Menparekraf, penarikan undian doorprize, pembagian hadiah dan closing.

Menanggapi hal tersebut Pj. Wali Kota menyampaikan bahwa harus dibuatkan terlebih dahulu SK Kepanitiaan Penyelenggara.

“Buat dulu SK panitia penyelenggaraannya, harus ada yang legal sebagai acuan dari petugas penanggungjawabnya, libatkan semua teman-teman, tidak hanya instansi pemerintah, namun libatkan juga pertamina, pelindo dan yang lain,” ujar beliau.

Beliau juga menyampaikan mengenai perputaran ekonomi selama festival rimpu berlangsung agar terus berjalan.

“Perputaran uang harus dikendalikan, untuk hotel-hotel tempat penginapan diminta resepsionistnya menggunakan rimpu agar terasa euforia untuk festival pawai rimpu ini, jadi nanti dibagi tim untuk ekonominya itu,” terang beliau.

Beliau melanjutkan, untuk video promosi agar segera dibuat video pendek tentang festival rimpu mantika, setelah itu segera disebarluaskan di sosial media.

Diakhir beliau mengingatkan kembali kepada Dinas Pariwisata dan Instansi yang terlibat agar segera dibuatkan SK Panitia Festival Rimpu Mantika.

“Segera saya minta dibuatkan SK Panitia, dalam SK itu nantinya ada timeline cara kerja kita dan lebih detail tentang penugasan serta penanggung jawabnya,” tutup beliau.

Rapat dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT dan didampingi oleh Asisten, Kepala Bappeda, Kepala BPBD, Kepala Kesbangpol, Kepala BKPSDM, Kepala BPKAD, Kadis Pariwisata, Kadis DLH, Kadis Damkar, Kadis Kesehatan, Kadis Perpustakaan, Kadis PUPR, Kadis Kominfotik, Kadis PPPA, Kadis Dikpora, Kadis Koperindag, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, Kabag Pemerintahan, Kabag Ekonomi, Kabag Kesra, Kabag Umum, Kabag Prokopim, dan Seluruh Camat.

Editor: Azzahra