Samsudin Apresiasi Hadirnya Layanan BPJS Keliling Sampai ke Pelosok
Kota Bima, NTB – Bhayangkarapost.web.id
Pelayanan Mobil BPJS Kesehatan Keliling hadir di Kelurahan Kodo Kota Bima NTB, salah satu langkah untuk terus memberikan pelayanan prima dan cepat kepada seluruh masyarakat sampai masuk melalui gang-gang terpencil untuk menjangkau Masyarakat dalam memberikan layanan secara langsung.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tetap berkomitmen dan terus menghadirkan kemudahan untuk memberikan akses pelayanan administrasi kepesertaan bagi peserta JKN, (7/6/2024).
Salah satu Langkah yang rutin dan sudah terjadwal setiap hari adalah Layanan BPJS Keliling dengan dengan menerjukan 1 (satu) unit mobil layanan untuk membantu masyarakat dalam proses administrasi program JKN.
Kehadiran BPJS Kesehatan Keliling sangat dirasakan manfaatnya oleh warga dalam memberikan kemudahan akses pelayanan untuk masyarakat yang sibuk dengan rutinitas setiap hari.
Beberapa layanan BPJS Kesehatan Keliling yang dapat diakses adalah Pendaftaran peserta baru peserta mandiri, Penambahan anggota keluarga peserta mandiri dan pekerja, Perubahan data peserta, Pengurangan data peserta ( pelaporan peserta meninggal / pisah KK ), Penggunaan Aplikasi Mobile JKN, Pemberian Informasi dan pengaduan dan masih banyak lagi seputar informasi pelayanan program JKN lainnya.
Salah satu warga Kelurahan Kodo, Samsudin (65) seorang petani di RT 11 RW 05 yang berkesempatan menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran layanan langsung dari BPJS Kesehatan melalui program layanan Bpjs kesehatan keliling.
“Tentu ini sangat membantu Masyarakat, lebih-lebih bagi para petani atau nelayanan yang separuh aktivitasnya berada diluar rumah dan belum ada kesempatan untuk dating ke kantor BPJS Kesehatan karena kesibukan. alhamdulillah dengan hadirnya BPJS Keliling dapat memberikan kemudahan bagi warga untuk mengurus dan melakukan perbaikan identitas kepesertaannya”
Ia menambahkan, agar BPJS Kesehatan dapat hadir ditengah tengah kami secara rutin dan terus menerus ke lingkungan sampai Tingkat bawah supaya kami yang selalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan bisa melakukan pengecekan secara bertahap, apalagi dengan warga yang umurnya sudah tua sekarang tidak perlu harus repot-repot lagi mendatangi kantor BPJS Kesehatan, ungkapnya.
Lebih lanjut Samsudin mengatakan pengalamannya menjadi peserta JKN sangat terbantu. Pelayanan yang pernah ia rasakan dengan adanya program JKN sangat baik, lancar, dan tidak dipungut biaya karena sudah dijamin penuh BPJS Kesehatan. Pelayanannya pun tidak dibeda-bedakan dengan pasien umum lain. alhamdulillah, sangat memuaskan, ujarnya.
Ia juga berharap, program BPJS Kesehatan dapat terus berlanjut sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya. Apalagi setelah mendapatkan informasi, bahwa dengan menggunakan KTP Elektronik saja sudah bisa memperoleh layanan di Puskesmas dan Rumah Sakit, sungguh ini merupakan perubahan yang sangat luar biasa dan dapat dimanfaatkan oleh warga
“Kemudahan seperti ini yang dinanti-nantikan warga, tidka perlu lagi disibukkan dengan berbagai kelengkpan adminsitrasi lainnya dan semoga semua fasilitas kesehatan (faskes) yang menjadi mitra BPJS Kesehatan juga bisa memastikan seluruh kebutuhan pelayanan kesehatan terus tersedia sehingga layanan kesehatan makin maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.
Menurutnya, pemerintah juga memiliki peran penting dalam penyelenggaraan program JKN untuk lebih maju dan betul-betul langsung dinikmati oleh seluruh Masyarakat di kota sampai di pedesaan. Apalagi dengan berbagai inovasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan sudah sangat memudahkan untuk mengakses layanan program JKN, tutupnya.
Editor: Azzahra